Jateng Pemerintah Provinsi Paling Informatif Anugerah KIP

Jakarta – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meraih penghargaan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mendapat peringkat II Kategori Pemerintah Provinsi. Tahun ini Jateng menjadi Pemerintah Provinsi yang Paling Informatif  berdasarkan Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018.

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Nayarana menyampaiakan “Kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif, Satu, Pemprov Jawa Tengah dengan nilai 96,95,”  ujar Gede saat menyampaikan nominasi kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif.

Pemrov DKI Jakarta menempati posisi kedua dengan nilai 93,19, disusul posisi kedua Pemprov DKI Jakarta dengan nilai 93,19 dan posisi ketiga keempat diduduki oleh Pemprov Kalimantan Barat dengan nilai 90,53 serta posisi keempat Jawa Barat dengan nilai 90,32.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (5/11).

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan “Kita menghargai KIP telah memberikan penghargaan kepada lembaga, instansi, kementerian, dan daerah yang dalam tugas kesehariannya memberikan informasi yang baik kepada masyarakat”.

“Kenapa kita butuh informasi yang terbuka? Pertama sistem negeri ini yang demokratis butuh akuntabilitas, tanpa akuntabilitas kita tidak bisa menjalankan demokrasi yang baik dan juga sistem pemerintahan yang otonomi seperti ini. Kedua tentu memudahkan kita mengadakan pengawasan karena suatu keterbukaan tanpa pengawasan juga sulit, karena itu informasi menjadi sangat penting dan terus terang Indonesia termasuk negara yang pengawasnya terbanyak, bebernya,”

Wapres Jusuf Kalla juga berpesan “Tanpa partisipasi publik juga akan menyebabkan kita tidak bisa bergerak dengan baik, keterbukaan ini didukung dengan media yang begitu besar, banyak dan beragam, dan dapat dideteksi sampai beberapa tahun sebelumnya menyebabkan bahwa informasi itu harus benar karena begitu ada hoax langsung lembaga atau partai menjadi masalah,”

“Maka tadi hasil keterbukaan yang dinilai oleh Komisi Informasi Pusat, saya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada Saudara-saudara sekalian yang mewakili lembaga dan kementerian yang mendapat penghargaan ini, mudah-mudahan tahun depan lebih banyak yang mendapatkan penghargaan keterbukaan publik ini,” pungkasnya.

By | 2018-11-07T14:21:33+00:00 November 5th, 2018|Berita|0 Comments

Leave A Comment