LGNOTA Jateng Kembangkan Konsep Baru Penggalangan Dana Abadi

SEMARANG – Program strategis untuk kemandirian organisasi menjadi salah satu hal yang mengemuka pada Rapat Koordinasi Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGNOTA) Provinsi Jawa Tengah 2019, di Aula Kampus 2 UPGRIS Kota Semarang, Selasa (10/9/2019).
Ketua Umum LGNOTA Provinsi Jawa Tengah Hj Zaimatun Ali Mufiz mengemukakan, Rakor kali ini memiliki nilai strategis dalam rangka meningkatkan peran LGNOTA sebagai mitra pemerintah daerah, khususnya untuk menyukseskan pendidikan dasar.
Dikatakan, penggalangan orang tua asuh dan pendataan menjadi agenda pokok yang harus dikembangkan dalam menjalankan program pokok LGNOTA Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penyaluran bantuan anak asuh juga merupakan program pokok yang menjadi fokus perhatian, untuk lembaga berbasis sosial masyarakat tersebut.
Zaimatun berharap, pada Rakor kali ini dapat menjadikan LGNOTA sebagai organisasi sosial yang mandiri, profesional dan modern, yang merupakan tuntutan perkembangan zaman, sekaligus meningkatkan eksistensi sebagai lembaga sosial.
“Pada Rakerda tahun 2018 kami telah menetapkan program peningkatan kemandirian organisasi sebagai program prioritas lima tahun mendatang,” katanya.
Salah satu langkah yang akan dilakukan, lanjut Zaimatun, adalah mengembangkan konsep baru dengan upaya penggalangan dana abadi sebagai sumber dana operasional organisasi. Sehingga tidak tergantung pada pendanaan APBD.
“Kami berharap Rakor ini dapat menyamakan persepsi sekaligus menyusun langkah strategis,” tukasnya.
Konsep penggalangan dana abadi yang disampaikan Zaimatun tersebut mendapatkan dukungan dari peserta Rakor yang berasal dari perwakilan eks keresidenan se-Jawa Tengah, mengingat dibutuhkan kemandirian dalam operasional organisasi melalui kesadaran dan tanggung jawab masyarakat. Sejumlah usulan pun mengemuka antara lain menggandeng stakeholder melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).(*)

By | 2019-09-11T08:09:11+00:00 September 10th, 2019|Berita|0 Comments

Leave A Comment