Open Data Menjadi Kecepatan Keterbukaan Kita Terhadap Publik

Purworejo – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petugas/Pengelola PPID Pembantu se-Kabupaten Purworejo di Aula Dinas Kominfo, Gedung lantai I Setda Kabupaten Purworejo. Selasa (4/9).

Kegiatan bimbingan teknis tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Tubayanu, AP, M.Si selaku Sekretaris PPID Utama Provinsi Jawa Tengah dan Fb. Fx. Handoko Agung Saputro, S.Sos. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris PPID Utama memaparkan materi tentang Keterbukaan Informasi Berbasis Open Data.

Makna Data Terbuka adalah data yang dapat digunakan secara bebas, dimanfaatkan dan didistribusikan kembali oleh siapapun tanpa syarat kecuali dengan persyaratan memberikan atribusi kepada pemilik data, atau dengan kata lain data dapat digunakan kembali dan mudah dibaca oleh mesin.

Open data menjadi kecepatan keterbukaan kita terhadap publik, dengan kecepatan ini maka publik bisa memberikan kontrol, respon, partisipasi terhadap apa yang sedang dilakukan pemerintah.”  Jelas Tubayanu.

Dalam pembukaannya, Sekretaris PPID Utama Provinsi Jawa Tengah menyampaikan track record PPID Pembantu Kabupaten Purworejo. Bahwa tren penilaian yang terjadi di Kabupaten Purworejo semakin menurun. .Hasil Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Tahun 2017, Kabupaten Purworejo berada di peringkat 17. Kemudian Hasil evaluasi website Triwulan I Tahun 2018 yang dilakukan oleh KI Provinsi Jawa Tengah turun di peringkat 29 dan Pantauan terkahir yang dilakukan oleh KI Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Purworejo semakin turun lagi di peringkat 31  dari  35  Kabupaten/Kota, “Jadi kerjakan selama 1 Jam saja sudah bisa mengejar bagi saya, 1 Jam saja bisa mengejar 50-70. Karena saya yakin seluruh dokumen yang wajib dipublikasi itu sudah dimiliki semua.” jelasnya.

PPID Pembantu Kabupten Purworejo diberi kesempatan untuk memperbaiki dan mengejar ketertinggalannya dalam kurun waktu maksimal 1 (satu) bulan. PPID Utama Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah siap membantu jika terdapat kendala yang dihadapi.

 

By | 2018-09-05T14:36:31+00:00 September 4th, 2018|Berita|0 Comments

Leave A Comment