Sambangi Diskominfo, Bule Ceko Ini pun Bangga Ikut Berkebaya

SEMARANG – Ada yang menarik pada apel pagi di halaman Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (3/10/2019). Bukan pada baju adat yang dikenakan jajaran karyawan di kantor itu, tapi karena kedatangan bule asal Ceko, Petra.
Gadis volunter bidang pendidikan itu tampak ayu dengan kebaya bordir dan bawahan batik. Jelas terlihat dia begitu percaya diri, meski menjadi pusat perhatian siapa pun yang mmelihat
Kula remen ngagem rasukan Jawa Tengah (saya suka menggunakan pakaian Jawa Tengah),” ungkap Petra dengan bahasa Jawa yang kagok.
Dia baru tiba di Indonesia pada Agustus lalu, namun merasa senang tinggal negara ini, karena masyarakatnya ramah dengan kebudayaan yang unik dan kaya. Bakso dan nasi goreng menjadi makanan favoritnya. Sebelum singgah di Semarang, dia tinggal di Madiun sebagai volunter guru Bahasa Inggris di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API), Madiun.
“Ya. I’m very happy here because inconvert to Europe, and people Indonesia are so happy and friendly everybody is smily at me. I love the food and is about convert like the culture (Saya senang di sini karena tak beda dengan Eropa. Orang Indonesia menyenangkan dan ramah. Saya suka makanan dan budayanya),” jelasnya.
Petra mengapresiasi kebijakan Pemprov Jateng untuk mengenakan pakaian adat, yang merupakan salah satu bentuk dukungan untuk melestarikan budaya Jawa Tengah serta kebudayaan Indonesia.
“Saya mau menikah dengan orang Indonesia,” ujarnya yang disambut sorak sorai seluruh peserta apel.
Kepala Dinas Kominfo Jateng Riena Retnaningrum senang dengan kedatangan Petra yang yang bangga dengan kebudayaan yang dimiliki oleh Jawa Tengah.
Petra dolan ning Dinas Kominfo menika ananging Petra bungah atinipun lan kepengin ngangge rasukan tradisonal Jawa Tengah. Lajeng, Petra seperti bapak ibu pirsani sampun ngangge ageman tradisional Jawa Tengah, bordiripun bordir Jawa Tengah (Petra berkunjung ke Diskominfo karena senang dan ingin mengenakan baju tradisional Jawa Tengah. Lalu, seeprti yang bapak/ ibu lihat, Petra sudah menggunakan baju tradisional Jawa Tengah, bordirnya dari Jateng). Petra sangat bangga,” ungkap Riena.
Keberadaan Petra disambut baik oleh jajatan Diskominfo. Usai apel pagi, mereka menyempatkan swafoto bersama bule berperawakan tinggi semampai bak model iklan ini. Tanpa segan, Petra pun melayani dengan senang hati dan bersemangat. (Hi/Ul, Diskominfo Jateng)
By | 2019-10-04T15:54:43+00:00 October 3rd, 2019|Berita|0 Comments

Leave A Comment