SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengajak masyarakat turut menyukseskan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS). Masyarakat pun diharapkan tidak selalu berasumsi, jika didatangi petugas pemerintah berkaitan dengan bantuan.

Dalam pendataan Register Sosial Ekonomi (Regsosek), Wagub meminta agar masyarakat dapat memberikan informasi yang sesuai. Sebab, hal itu akan sangat membantu pemerintah, untuk mengetahui kondisi masyarakat. Karenanya, sangat dibutuhkan akurasi dengan sasaran jelas.

“Kalau petugas datang itu jangan punya asumsi, kalau didatangi petugas dari pemerintah saya dapat apa, bantuannya apa. Ini yang perlu kita benahi. Kepentingannya bukan mendapat apa tapi lebih dari itu, yaitu ketepatan (data), tepat sasaran,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, seusai menerima petugas pendataan Regsosek, di Rumah Dinas Rinjani, Sabtu (15/10/2022).

Gus Yasin  berharap, pendataan yang dilakukan saat ini dapat memutakhirkan data yang sudah ada. Dengan demikian, persoalan bantuan tidak tepat sasaran dapat diminimalisasi. Oleh karenanya dia meminta dukungan seluruh masyarakat, agar pendataan bisa berjalan secara baik.

“Bantuan dari pemerintah yang saat ini menjadi momok di masyarakat, kok yang ini dapat, saya lebih miskin tidak dapat. Ini yang perlu kita bareng-bareng, masyarakat juga memberikan data sesuai dengan apa yang dimiliki. Baik itu pekerjaan, lahan atau yang lainnya, atau usaha lain yang dimiliki ASN, Legislatif atau kepala daerah, kepala desa, dan lainnya,” paparnya. (Humas Jateng)*ul