REMBANG – Belum punya rencana mau melancong ke mana untuk menghabiskan liburan akhir pekan ini? Yuk intip keelokan pantai dengan pasir putih nan menawan di Kabupaten Rembang, tepatnya di desa wisata Tasikharjo, Kecamatan Kaliori.
Nama pantainya adalah Pantai Pasir Putih Wates. Sama seperti namanya, hamparan pasir putih memanjang membuat pantai tersebut begitu memesona. Pengunjung dijamin betah berlama-lama bermain di sekitar pantai. Apalagi, lokasinya hanya sekitar 10 km dari pusat Kota Rembang.
Beragam fasilitas tersedia di tempat itu. Mulai dari tempat parkir yang luas, beraneka ragam warung penyedia menu makanan khas Rembang, hutan pohon cemara, spot foto instagramable, dermaga, hingga akses terdekat menuju Pulau Gede.
Keindahan tempat itu menarik minat wisatawan. Meski belum setenar Pantai Karangjahe, setidaknya 70ribu-100 ribu pengunjung per bulan mendatangi objek wisata tersebut.
Salah satunya, wisatawan asal Ukraina,  Zarinka Soiko (24). Dia terlihat menikmati hutan cemara Pantai Wates. Bersama temannya dari Indonesia, mereka asyik menikmati liburan.
Menurut perempuan yang juga seniman mural ini, Pantai Pasir Putih Wates bersih dan tertata. “Sangat bersih, dan sangat tertata,” kata dia.
Ketua Taruna Pesisir Laskar Benowo selaku pengelola wisata Pantai Pasir Putih Wates, Herry  Prasetyo,  menjelaskan Pantai Pasir Putih Wates berkembang mulai 2016. Kunjungan wisatawan baru dibuka pada 2017. Setiap tahun, pengunjung terus meningkat.
Diakui, tingkatan kunjungan di pantai itu masih di bawah Pantai Karangjahe yang sudah mencapai ratusan ribu per bulan. Di Pantai Pasir Putih Wates, kunjungan berkisar 70 ribu-100 ribu per bulan.
“Untuk wisatawan kebanyakan datang dari daerah Kudus, Demak, Purwodadi Semarang, dan sekitarnya,” kata dia.
Herry menambahkan, jam operasional objek wisata dari pukul 06.00-18.00 WIB. Harga tiket termasuk ongkos parkir kendaraan. Jika sepeda motor Rp5 ribu, mobil Rp10 ribu, dan kereta wisata Rp20 ribu. Dalam pengelolaan, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan tenaga pemuda setempat. Namun, pihaknya berharap pemerintah bisa ikut membantu dalam pengembangannya.
“Harapan sebagai pengelola, berharap pemerintah untuk ikut serta dalam memromosikan potensi yang ada di Pantai Wates. Insya Allah dengan partisipasi pemerintah, jumlah wisatawan akan semakin banyak,” harap dia.
Herry menambahkan, tak hanya menikmati keindahan Pantai Wates, wisatawan bisa memanfaatkan liburan di Pulau Gede. Jaraknya sekitar 4,3 kilometer dari Pantai Pasir Putih Wates. Wisatawan bisa menyewa perahu seharga Rp300 ribu-Rp400 ribu  untuk perjalanan pulang pergi menuju Pulau Gede.
Pulau Gede berada di sebelah utara Pantai Wates. Banyak keunggulan Pulau Gede. Di pulau itu pengunjung bisa snorkeling, diving, hingga foto prewedding.
“Terumbu karangnya masih asri. Belum ada pencemaran. Jarak tempuh wisatawan yang mau berkunjung ke Pulau Gede 4,3 kilometer dari Pantai Wates. Jadi, tunggu apalagi. Datang ke sini dan nikmati keindahan Pantai Wates,” tambahnya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)