SURAKARTA – Setelah satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, menyusul dua orang pasien positif virus tersebut yang sempat dirawat di RSUD Dr Moewardi Surakarta kembali dinyatakan sembuh. Hal itu disampaikan Ketua Tim Severe Acute Respiratory Infection (SARI), dr Harsini, Senin (30/3/2020).

 

“Pasien pertama yaitu Ny P, usia 48 tahun beralamat di Kedungtungkul Mojosongo Surakarta,” kata Harsini di Surakarta.

 

Menurutnya, Ny P mulai dirawat di RSUD Dr Moewardi pada 17 Maret 2020. Hasil swab Ny P pun menunjukkan positif Covid19. Padahal, gejala yang dialami hanya batuk ringan. Dia tertular dari suaminya yang sebelumnya juga dinyatakan positif.

 

“Hasilnya, pada tanggal 26 Maret 2020 Ny P dinyatakan sembuh dan dipulangkan oleh pihak rumah sakit,” terang dia.

 

Sedangkan pasien kedua yaitu Tn R, usia 38 tahun yang beralamat di Batursari Denpasar Bali. Harsini menjelaskan,  Tn R mengalami gejala demam dan memiliki riwayat perjalanan dari Bali. Daerah itu merupakan daerah terpapar. Kemudian yang bersangkutan dirawat di RSUD Dr Moewardi mulai 12 Maret 2020. Dari pemeriksaaan hasil swab  dinyatakan positif. Setelah dirawat di ruang isolasi selama enam belas hari Tn R dinyatakan sembuh, pada 28 Maret 2020.

 

Dia menambahkan, selama dirawat, kedua pasien ini dalam kondisi baik dan tidak memiliki komorbit atau penyakit yang menyertai. “Setelah dipulangkan, kedua pasien juga tetap melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 belas hari,” terang Harsini. (RSUD Moewardi/ Diskominfo Jateng)